Rangkuman bab 5 Kaylani Lubis 8C

 

Jaringan Komputer dan Internet

A. Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah koneksi antara dua atau lebih komputer menggunakan hardware dan software. Setiap perangkat memiliki alamat IP. Ada jaringan lokal (terbatas) dan jaringan internet (lebih luas, lintas negara).

1. Jaringan Lokal

Jaringan lokal (LAN) adalah koneksi komputer di wilayah terbatas, seperti rumah, sekolah, atau kantor. Untuk menghubungkan lebih dari dua perangkat dalam LAN, gunakan switch atau router. Switch menghubungkan perangkat dalam jaringan yang sama, sedangkan router menghubungkan jaringan yang berbeda dengan alamat IP yang berbeda. Protokol digunakan untuk komunikasi dalam jaringan. Ada jaringan dengan dua perangkat dan jaringan dengan lebih dari dua perangkat.

2. Jaringan Internet

Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Penggunaan internet melibatkan layanan seperti email, web, dan protokol TCP/IP. Untuk terhubung ke internet, dibutuhkan dukungan hardware, software, dan pendaftaran ke penyedia layanan internet (ISP).

3. Konfigurasi Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, terdapat dua komponen utama, yaitu node (perangkat) dan link (hubungan antar-node). Node adalah perangkat seperti komputer, HP, switch, router, sementara link adalah jalur transmisi antara node. Mereka bersama-sama membentuk jaringan komputer.

4. Routing pada Jaringan Komputer

Routing adalah mekanisme mengirim data dari satu perangkat ke perangkat lain dalam jaringan. Router menggunakan tabel routing untuk menentukan jalur terbaik bagi paket data. Jalur terbaik adalah jalur terpendek yang dapat dilalui.

B. Komunikasi Data pada Ponsel

Komunikasi data melibatkan pengiriman dan penerimaan data antara perangkat. Ponsel memerlukan infrastruktur telekomunikasi, seperti BTS, yang menyediakan layanan nirkabel. Ponsel secara otomatis berpindah dari satu BTS ke yang lain saat bergerak, memastikan koneksi yang terbaik.

selain itu kekuatan sinyal dari ponsel bergantung pada berbagai hal, yaitu antara lain seperti berikut:

1. Jarak dari BTS

Jarak antara pemancar sinyal BTS dan penerima ponsel sangat menentukan kualitanya. Makin dekat, akan makin kuat. Sebaliknya, jika ponsel dan BTS berada pada jarak yang berjauhan, sinyal akan makin lemah.

2. Material Bangunan

Material beton, baja, dan sebagian besar bahan bangunan lainnya sangat dapat menghalangi sinyal seluler. Itulah mengapa saat kalian berada di ruang bawah tanah/ basement, ponsel tidak memiliki jalan untuk mencapai menara karena terhalang dinding beton/baja sehingga kekuatan sinyalnya lemah.

3. Halangan

Biasanya, halangan yang berada antara ponsel dan BTS juga akan memengaruhi sinyal pada ponsel. Jika kalian berada pada ruang terbuka tanpa halangan apapun, sinyal ponsel akan kuat. Namun, jika kalian berada di sebuah ruangan yang di dalamnya ada penghalang berupa tembok, besi, bangunan,sinyal akan lemah. Coba kalian bandingkan sinyal ponsel ketika kalian berada di dalam ruangan dan di luar ruangan, meski berada pada jarak yang sama, kekuatan sinyal akan terasa berbeda.

4. Cuaca

Gelombang radio berjalan melalui atmosfer. Jadi, saat cuaca sedang buruk, akan dapat menghalangi sinyal. Biasanya, ponsel kalian akan memiliki sinyal yang lebih baik pada hari yang cerah daripada saat hujan atau berkabut.

5. Pengguna Latin dalam Jaringan yang sama

Menara seller hanya dirancang untuk menangani sejumlah koneksi tertentu pada saat bersamaan. Oleh sebab itu, jika dalam sebuah area BTS, ada banyak ponsel yang terhubung dengan BTS tersebut, kekuatan sinyal akan melemah.

Namun, untuk menyederhanakan, kekuatan sinyal dari ponsel, biasanya bergantung pada jarak ponsel dan BTS terdekat. Makin jauh jaraknya, sinyal akan makin melemah. Kuat atau lemahnya sinyal ditunjukkan oleh indikator sinyal pada ponsel.


C. Terhubung ke Internet dengan Aman


Pernahkah kalian saat membuka sebuah website, ternyata ada sebuah pesan yang mengatakan bahwa website tersebut diblokir atau tidak bisa diakses? Jangan khawatir, biasanya, itu bukan karena jaringan internet kalian bermasalah, tetapi karena website yang kalian buka itu berbahaya sehingga oleh pemerintah aksesnya dibatasi. Program pemerintah Indonesia yang membatasi akses website dengan cara diblokir dinamakan Internet Positif.


Internet positif ialah istilah yang biasa digunakan untuk menamai aktivitas pemblokiran atau pembatasan akses terhadap website yang dianggap tidak layak muat oleh pemerintah Indonesia. Internet positif sendiri mulai digalakkan sejak tanggal 17 Juli 2014 yang diprakarsai oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi dengan website di https://trustpositif.kominfogo.id/.


Biasanya, website yang diblokir oleh internet positif ialah website yang berisi konten negatif, di antaranya seperti berita hoax, mengandung SARA, dan konten yang berbau pornografi. Selain itu juga, internet positif memblokir website yang berpotensi mencuri data pribadi yang kita miliki seperti username, PIN, password sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi yang membukanya. Tentunya, kalian tidak mau, bukan, jika data pribadi kalian dicuri oleh orang lain sehingga merugikan kalian? Pencurian data melalui internet ini disebut dengan phishing.


C. Web Phishing


Phishing adalah metode penipuan dengan membuat website palsu yang meniru situs asli untuk mencuri data pribadi pengguna. Pengguna perlu berhati-hati dan memeriksa URL serta mencari ikon kunci saat membuka situs untuk memastikan keamanannya. Phishing bisa berbahaya, jadi waspada saat terhubung ke internet.


2. Setting keamanan ke Browser


Untuk meningkatkan keamanan saat menjelajahi internet, browser memiliki pengaturan keamanan yang memberi peringatan jika Anda mengakses situs berbahaya. Jika Anda ragu tentang keamanan suatu situs, Anda bisa memeriksanya di https://transparencyreport.google.com/safe-browsing/search. Di sana, Anda dapat mengecek laporan keamanan situs web yang ingin Anda akses. Ini membantu Anda menghindari potensi bahaya saat berselancar di internet.




Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Masuk Labschool?

RANGKUMAN BAB 9 KAYLANI LUBIS 7A